Kamis, 15 Maret 2012

Do The Best Get The Best


Lakukan semaksimal potensimu.
Sementara hasil biarkan Allah yang mengaturnya.
#NasehatDiri

Sehari yang lalu, saat pelatihan Ease Your Nervous di Mayapada Tower. Saya memulai kelas dengan membuat games kepada peserta, untuk saling menceritakan pengalaman yang berharga dan bermakna bagi mereka. Selama sehari penuh. Dari semenjak bangun pagi hingga sampai ke ruang kelas. Saya menugaskan topik pengalaman yang dialami dan bermakna, supaya tidak perlu memikirkan, kecuali mengakses pengalaman saja supaya menjadi mudah. Seperti pengalaman ibu Merry.

Yang pasti-pasti saja

Ibu Merry seorang peserta yang berprofesi sebagai internal trainer. Dia tinggal di Jagakarsa, dekat Antam. Setiap hari dia berangkat dari rumah jam 07.00 pagi. Tapi selalu sampai di kantor melebihi jam masuk kantor di tempatnya berkerja. Yaitu jam 09.00. Hari ini dia berangkat lebih awal dari sebelumnya. Tetapi tetap terlambat juga sampai ke kantor. Karena, dia mencoba mengambil rute berbeda dari jalur yang biasa dia tempuh. Dari pengalaman ini, sesuatu paling bermakna bagi beliau, “Gunakan jalur yang memang sudah pasti sampainya, karena belum tentu jalur baru lebih cepat”. 

Do the best get the best

Cerita pengalaman perseta lainnya dari bapak Audi. Beliau beraktifitas sehari-hari sebagai karyawan di sebuah Bank. (Saya lupa jabatan dan divisinya). Beliau berkisah, selama sehari penuh di kantor, sibuk menangani satu nasabah yang mau mencairkan dananya dalam bentuk dolar sebanyak U$800.000. Berdasarkan aturan, bila penarikan dalam bentuk dolar dan sejumlah tersebut, maka akan ada biayanya.

Seperti layaknya nasabah manapun. Tentu tidak mau uangnya dipotong, bahkan sampai mengluarkan statement “Kalau saya tau seperti ini, saya tidak akan menyimpan uang saya di sini”. Lalu pak Audi berusaha membantu dengan penuh pelayanan primanya. Beliau berkomunikasi ke atasannya, mengenai kebijakan dan keinginan nasabah. Sampai beberapa kali mondar mandir. Hingga, akhirnya perusahaan memutuskan hanya sedikit potongan dibanding sebelumnya. 

Setelah selesai membantu nasabah tersebut dari pagi sampai siang. Kemudian pak Audi melanjutkan kembali aktifitasnya hingga jam kerja. Lalu, beliau berangkat menuju tempat pelatihan. Dan selama perjalanan, mendapat telf kembali dari sang nasabah yang dia bantu tadi. Nasabah tersebut mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pelayanannya. Sang nasabah juga meminta bantu, supaya besok menemuinya, karena dia mau menyimpan uangnya dalam bentuk rupiah senilai Rp.10.000.000.000 (10 Miliyar). 

Pengalaman bermakna dan berkesan baginya dari peristiwa yang dialami. “Layanilah sepenuh hati, ikhlas dan totalitas, maka keajaiban yang tak kita sangka akan mengunjungi kita”.

Penuh motivasi 

Selesai mendengar cerita pak Audi, sekaligus juga evaluasi cara berliau bercerita di depan umum. Saya teringat dengan pesan-pesan yang sering dan selalu disampaikan oleh para Guru. Supaya, setiap mendapat kesempatan menyampaikan materi yang saya ketahui (training), senantiasa memberikan sharing terbaik yang saya kuasai dan miliki di hari itu. Sehingga, membangkitkan kembali semangat penuh motivasi dalam diri saya, agar tidak asal-asalan. Dan, mencurahkan segenap potensi yang saya miliki, di setiap kesempatan berbicara.

Bagaimana dengan pengalaman pelayanan terbaik yang Anda berikan? Mari kita ceritakan di sini. 

Ciganjur, Rabu, 22 Februari 2012 
Mari silaturahim, follow @mind_therapist I BB 270fe9b7 
Bagikan